Semangat perubahan dan kemajuan, MBS Klaten mengadakan Raker Tahunan TA. 2024/2025, 6-11 Juli 2024

Pesantren MBS Klaten mengadakan RAKER (rapat kerja) Tahunan TA. 2024/2025, tanggal 6-11 Juli 2024, menjelang santri masuk tahun ajaran baru tanggal 21 Juli 2024. Raker diikuti oleh semua asatidzah, baik asatidzah muqim maupun asatidzah non-muqim. Tema Raker tahun ini adalah Taghyir wa Tajdid wa Taqoddum (perubahan, pembaruan, dan kemajuan), semoga menghasilkan program kerja yang terbaik, bisa dilaksanakan dengan baik, dan Allah mudahkan.

Ust. M. Fakhruddin Sasmita, Lc selaku mudir pesantren menutup rapat kerja dengan sebuah pertanyaan kepada kita tentang tema Rapat Kerja yaitu Taghyiirun, Tajdiidun dan Taqoddumun

Taghyir adalah perubahan kepada yang lebih baik, lawan kata daripada perubahan adalah stagnan, jadilah kita gelombang-gelombag lautan, aliran-aliran sungai yang selalu bergerak, yang akan mesucikan setiap kotoran-kotoran yang ada didalamnya. Perubahan dari mintset kita, perubahan daripada niat kita, perubahan daripada aksi kita, bagaimana kita harus berbuat.

Beliau mengatakan “Maka pesan kami adalah ketika sesuatu itu dianggap menjadi sebuah beban, maka semuanya akan menjadi berat. Tetapi sebaliknya ketika sesuatu itu dianggap sebagai sebuah kebutuhan, maka semuannya akan menjadi ringan. Semua amanah-amanah yang kita dapatkan, semuanya tergantung kita dalam mensikapi amanah tersebut. Maka perubahan dalam berfikir itu sangat penting, agar tidak ada beban dalam diri kita dan yang ada hanyalah kelezatan dan kenikmatan. Tajdid adalah pembaharuan, maka kita sangat butuh dengan pembaharuan, bahkan baginda Rasulullah -Shallalahu ‘alaihi Wasallam- sampai bersabda :
جَدِّدُوا اِيْمَاكُمْ
bahkan iman dalam diri kita saja diperintahkan oleh Rasulullah -Shallalahu ‘alaihi Wasallam- untuk diperbaharui, semuanya butuh pembaharuan, karena semuanya kalau tidak ada pembaharuan akan menjadi usang dan rusak. Dalam segala hal kita butuh dengan pembaharuan, termasuk cara kita dalam berpikir, dalam etos kerja, dan juga dalam aksi kita, semuanya butuh yang namanya Tajdiidun dan Taghyiirun.”

Sehingga dengan Taghyir dan Tajdid akan lahir yang namanya Taqoddum, dengan itu MBS Klaten akan menjadi pesantren yang unggul dalam banyak hal, jikalau asatidzahnya punya Taghyiirun dan Tajdiidun.

Beliau menutup pesannya dengan mengatakan “kita tidak akan pernah bisa dikalahkan oleh siapapun, jikalau kita satu hati, satu rasa dan satu cinta dalam Taghyiirun dan Tajdiidun”

Mudir MBS Klaten
K.H. Muhammad Fakhruddin Sasmita, Lc

Untuk Video Selengkapnya https://www.youtube.com/@mbsklatenofficial

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *